Senin, 17 Desember 2012

Ujian Nasional : Awal Dari Segalanya



Hallo guys.. balik lagi nih setelah beberapa minggu gak nulis karena akhir-akhir ini gue mencoba buat cerita fiksi yang mungkin udah kalian liat sendiri diatas. Kali ini gue mencoba membahas tentang UNAS. Ya, kali ini gue membahas hal ini karena ada masukan dari orang lain dan temen-temen gue, selain itu beberapa bulan lagi gue juga akan menghadapi UNAS tahun 2013.

UNAS. Ujian yang seringkali membuat murid-murid di Indonesia dilanda kegalauan dan ketakutan karenanya. Apalagi pemerintah membuat 20 Paket soal untuk UNAS tahun 2013 (TIDAAKK!!). Maksudnya apa coba ?. Padahal yang tahun sebelumnya itu baru 5 paket, tapi mengapa tahun ini langsung jadi 20 paket ? yang itu artinya setiap anak mempunyai soalnya sendiri-sendiri.
Apakah tahun 2013 murid-murid dijadikan kelinci percobaan ? jadi kalau misalnya tahun 2013 ada 20 paket, terus banyak yang gagal, di tahun 2014 pemerintah akan menurunkan paket soal misalnya jadi 15. Maybe. #uhuk-uhuk

Bicara soal UNAS, tidak lepas dari kebocoran soal yang sering terjadi. Gak jarang ada orang yang menawarkan barang dagangannya berupa soal-soal UNAS yang harganya selangit. Gue sih belum pernah nyoba. Gimana ya kalau ditahun 2013 ? Kan satu orang dapat satu paket soal, iya kalau bener paketnya, kalau salah gimana ? Misalnya aja Si A (nama samaran) beli soal paket 5 di seseorang, ternyata paketnya yang sebenarnya itu paket 15. Gimana ya kalau kejadian kayak gitu terjadi. Pasti gue ketawain. Hahahahhaa.

Berhubung gue masih SMP, jadi UNAS yang akan gue hadapi adalah Matematika, IPA, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. Seperti di tahun sebelumnya, soal Matematika mungkin masih ditakuti, begitu juga dengan gue. Selain itu ada Bahasa Indonesia yang soal ceritanya itu bikin gue ketiduran waktu try out. Bahaya !. Ya, Bahasa Indonesia memang keliatannya mudah, tapi kata guru-guru gue soal yang membuat nilai UNAS menjadi down itu di soal Bahasa Indonesia. Warning buat semua murid.

Mungkin yang harus kalian agar lulus UNAS adalah berdoa dan belajar rajin. Kalau hanya berdoa aja ya sama aja boss, gak ada pengaruhnya. Kuncinya adalah berdoa dan mau bekerja keras. Kerja keras bukan berarti kerja keras buat dapetin dukun yang pas atau dapet bocoran paket yang pas !. Kerja keras berarti belajarnya niat, gak setengah-setengah, kalau ngerepek juga niat, gak setengah-setengah (lho ? ya gak lah).

Selain itu, UNAS juga awal dari perjalanan hidup kita. Kalau sukses dalam UNAS pasti masuk SMP, SMA atau Perguruan Tinggi favorit masing-masing. Sukses UNAS berarti membanggakan orang tua. Sukses UNAS juga berarti membanggakan pacar (lho?)

Okey. Sebelum gue tambah ngawur dan tambah gak jelas, gue lebih baik selesai dulu aja buat kali ini. Kalau ada yang ngasih saran buat cerita gue yang selanjutnya, tinggal komentar aja di postingan gue.

Pesan gue : Belajar rajin dan Berdoa adalah kunci dalam mencapai kesuksesan.

5 komentar:

  1. masalah itu tenang gan..
    20 itu cuma beda nomor aja koq..
    itu uda pengalaman di tahun ane (2010)..
    tapi kalo 20...pemerintah uda gile gan..
    sukses aja deh gan

    BalasHapus
  2. oalah
    iya.iya gan, makasih sarannya
    emang tahun ini pemerintah lagi gila-gilanya gan
    haha

    BalasHapus
  3. tumben nggak lebay mas?
    kesambet apa?

    BalasHapus
  4. wah.. gak kasambet ini. Udah mulai sadar.. hehe

    BalasHapus