Kamis, 08 November 2012

Pembohonganmu Itu Berarti Untukku



Hallo guys... Gue balik lagi nih. Gue kali ini membahas tentang pembohongan !!. Pembohongan yang gue maksud bukan tentang cinta, tapi pembohongan yang dilakukan orang tua kita saat kita kecil dulu !!. Mungkin dulu kalian sering mendengar omongan dari orang tua kalian kalau keluar maghrib itu dilarang, gak boleh bunuh kucing, dan pembohongan yang lainnya. Kali ini gue mencoba untuk menjelaskan satu persatu pembohongan itu.

1.      Jangan Pernah Keluar Waktu Maghrib, nanti diambil Setan !!

Waktu itu gue masih umur 5 tahun dan terlalu bodoh untuk dibohongi. Waktu itu adzan maghrib berkumandang di masjid-masjid, seketika nyokap gue manggil dan marah seakan gue gak pulang 3 kali puasa kayak Bang Toyib “kamu kemana aja ?!! udah maghrib, nanti diambil dalbo (hantu) kapok kamu !!”. Setelah kejadian itu gue gak pernah keluar lagi waktu maghrib karena gue gak mau diambil hantu dan gak pulang 3 kali puasa.

Gue sekarang udah 15 tahun dan udah mencoba hal-hal aneh (jangan ngeres). Gue mencoba gak pulang sampek maghrib, ternyata gue diambil
sesosok alien pakaibaju compang-camping dan membawa gerobak dorong (gak lah....). Yang terjadi sebenarnya adalah gue terpaksa pulang karena teman-teman gue udah pulang duluan !!.

Jadi kesimpulannya adalah jangan pernah keluar waktu maghrib karena teman-teman kalian yang lain udah pada pulang ke rumah masing-masing.

2.      Jangan pernah duduk didepan pintu

Waktu itu gue lagi duduk santai-santai di depan pintu rumah, kemudian nyokap dateng dengan sapu kesayangannya “jangan duduk didepan pintu, nanti kamu kesamber (tersambar) petir lho !!”, langsung gue pindah karena gue takut 2 hal
, 1) dimarahin nyokap gara-gara gak nurut, 2) takut sama tikus yang waktu itu ada didepan gue.

Sebenernya gue masih bingung dengan semua ini, gue juga belum menemukan alasan yang tepat, tapi gue tetep berusaha. Pernah gue kerja kelompok dirumah teman gue, waktu itu hujan deras banget dan secara gak sengaja gue duduk didepan pintu rumahnya “ndre !! jangan duduk disitu, nanti kesambar petir lho !!”, dengan merasa tidak bersalah gue tetep duduk didepan pintu, dan apa yang terjadi...???............. bukannya tersambar petir, gue malah diteriakin teman-teman yang laen karena gak dengerin perkataan mereka.

Jadi kesimpulan gue kali ini adalah jangan pernah duduk didepan pintu biar gak di ‘ceramahin’ teman-teman yang laen dan selain itu juga jalan buat orang yang mau lewat.

3.      Satu Sendok Lagi ya ? Satu Kali Lagi Kok,, Tinggal Dikit....

Mungkin ini perkataan yang paling menyakitkan dan sering digunakan oleh ibu-ibu untuk membodohi anak mereka sendiri. Gue masih inget banget kejadian ini saat gue masih kecil. Waktu itu gue disuapin nyokap gue “udah ma... udah kenyang”, “jangan dulu,, tinggal dikit, satu sendok aja” perkataan halus yang keluar dari mulut nyokap gue (meskipun membuat gue merasa bodoh). Beberapa menit kemudian gue melihat ke arah piring tempat makan gue, ternyata udah habis !!! “kok habis ma ? katanya tadi satu sendok lagi ?” pertanyaan bodoh gue saat gue lagi bodoh (lho ?), “ya habis dong, kamu kan pinter (dalam hati : akhirnya gue berhasil bohongin Lo !! HAHAHAHA)”, nyokap gue.

Setelah gue cerna dan gue fikirkan lebih dalam lagi, ternyata kata “satu sendok lagi” itu sangat bermanfaat untuk membodohi anak kecil. Gak mungkin kan anak kecil makannya dua atau lima sendok langsung ? ya pasti satu sendok lah...(ternyata gue pinter juga ya...).

4.      Sunat itu rasanya seperti digigit semut ?!!

Akhirnya kita sampek juga ke pembohongan paling sadis yang pernah terjadi pada semua cowok termasuk gue. Pastinya semua cowok (kecuali non-muslim) pernah melakukan khitan atau sunat. Awalnya gue takut banget waktu mau disunat, beberapa minggu sebelum ‘pemotongan’, orang tua gue sibuk banget buat membodohi gue agar mau disunat.

“ayo sunat, gak sakit kok”,kata bokap gue dengan wajah penuh tulus
“gak mau pa.. pasti sakit banget”
“gak sakit kok, Cuma kayak digigit semut” pembohongan punmulai terjadi
“katanya gak sakit, tapi kok kayak digigit semut ?”, pertanyaan bodoh gue
(diam sejenak........)
“ya gitu wes, sakitnya gak berlebihan kok, bentar kok sakitnya”, pembohongan lain
“iya deh pa.. insyaallah mau”, gue mulai terhipnotis dengan pembohongan bokap gue

Setelah kejadian itu gue mengalami tingkat kebodohan yang cukup tinggi, gue merasa kalau gue terlalu bodoh dan mulai melakukan hal aneh. Waktu itu gue bingung dengan perkataan bokap gue “kayak digigit semut”, kemudian gue melakukan percobaan aneh yang mungkin bisa kalian ikuti (bagi yang belum sunat) :

1)     Ambil satu ekor semut, usahakan ambil yang jantan
2)     Saat pengambilan, usahakan semut jangan sampai mati maupun pingsan
3)     Letakkan di titit kalian
4)     Tunggu beberapa saat
5)     Jika semut tidak mau gigit titit kalian, coba dengan semut yang lain
6)     Selamat mencoba J

Saat hari gue sunat, gue merasakan frustasi dan ketegangan yang memuncak saat dokter melihat titit gue dengan penuh nafsu (TIDAAAAAKK !!!). Yang gue rasakan sangat berbeda dengan apa yang bokap gue katakan, disinilah puncak pembohongan dari orang tua gue terjadi, dan gue pun menerimanya dengan penuh ketabahan dan rasa frustasi yang cukup tinggi.


Pesan gue : Pembohongan itu terjadi karena ada sebuah alasan logis yaitu kenakalan yang selalu dilakukan oleh setiap anak kecil. Mungkin pembohongan itu dilakukan agar si anak tidak nakal lagi meskipun menurut gue hal itu agak berlebihan.

1 komentar:

  1. gan ane mau ijin repost ane masuukin 1cak yaa muke ente unik sih kali aje ane dapet legend gara2 muka ente

    BalasHapus